LDK DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

              Pada tanggal 18-20 Mei 2013 beberapa Dosen dari Jurusan Teknik Mesin Itenas yaitu Bapak Muhammad Ridwan, Ibu Noviyanti dan Ibu Nuha Desi bersama sama dengan para Asisten Laboratorium Fisika Dasar Itenas diantaranya Yusuf, Yuris, Geri, Ferdi, Irsyad, Syntia, Sigit, dll, beserta satu orang Teknisi Lab Fisika Dasar (Bapak Wawan)  melakukan beberapa kegiatan ke Cianjur. Kegiatan pertama yang dilakukan pada hari Sabtu tgl 18 Mei adalah pengabdian masyarakat yaitu peragaan aplikasi Ilmu Sains Dasar (Fisika) kepada anak anak Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah Al Falah di Cikaret, Cianjur oleh asisten laboratorium fisika (Andin, Karel, Eka, Defri dan lainnya), sedangkan para orang tua murid diberi pengarahan teknis serta motivasi mengenai kesadaran manfaat pendidikan dasar oleh para Dosen Jurusan Teknik Mesin serta diberikan informasi peluang beasiswa, termasuk beasiswa Itenas.

              Tiba di Sekolah MI Al Falah, Kami disambut oleh puluhan siswa yang sudah berbaris dilapangan beserta orang tua murid yang sudah duduk rapi di belakang nya, serta para guru dan beberapa Kepala Sekolah dari Sekolah Dasar lain yang diundang oleh pemilik yayasan yaitu Bapak Usep, tak lupa pula Bapak Penilik Sekolah turut hadir dalam acara tersebut. Yang lebih mengejutkan kami adalah penampilan dari siswi siswi kelas enam yang menyanyikan beberapa lagu untuk menyambut kami, sungguh sangat membuat kami kagum dan terharu. Setelah acara penyambutan selesai barulah para siswa memasuki ruangan kelas masing-masing untuk menyaksikan peragaan sains, sedangkan para orang tua murid beserta para guru memasuki aula besar untuk mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh Dosen

              Dari kegiatan yang dilakukan pada hari pertama, terlihat sekali antusias dari para peserta baik para siswa Sekolah Dasar maupun para orang tua murid. Hal ini terlihat dari diskusi aktif terutama membahas mengenai peluang beasiswa yang ditawarkan termasuk beasiswa dari Itenas. Pada saat diskusi dengan para siswa, kakak Asisten Lab Fisika Dasar mengajukan beberapa pertanyaan mengenai peragaan yang telah dilakukan, siswa yang dapat menjawab pertanyaan diberi reward berupa buku dan bolpen berlogo Itenas. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi para siswa sekaligus mengenalkan Itenas kepada para siswa.

              Setelah acara selesai, Itenas memberikan bantuan dan kenang-kenangan kepada sekolah berupa alat peraga untuk praktikum untuk sekolah beserta modulnya, kemudian plakat dan souvenir dari Itenas dalam rangka mempromosikan Itenas bagi masyarakat Cianjur. Barulah setelah itu kami meninggalkan Madrasah Al Falah menuju ke Kampung Gedeh, tepatnya di PTPN VIII, Desa Sukamulya Kab Cianjur.

              Tiba di kampung Gedeh, hari sudah menjelang malam, setelah beristirahat sebentar kegiatan dilanjutkan kembali yaitu pelatihan kepada Asisten Laboratorium Fisika Dasar yang baru (Anggita, Rucki, Diana, Sarah, Sigit,  dll) yang meliputi materi cara mengajar efektif, motivasi diri dan orang lain, dan cara menilai berimbang, yang diisi oleh beberapa Alumni Asisten Lab Fisika Dasar (Ketut, Gitta, Cinta, Asrul, dll) hingga larut malam.

            Keesokan paginya, untuk menyambut pagi dan mengurangi rasa penat dalam mengikuti materi pelatihan, kami berjalan kaki menyusuri perkebunan teh yang tidak jauh dari tepat kami menginap, sambil berolahraga dan menikmati keindahan pemandangan perkebunan teh. Kemudian kegiatan dilanjutkan kembali dengan materi keasistenan yang disampaikan alumni.

              Menjelang sore, seluruh materi telah selesai disampaikan kepada asisten baru. Waktu yang tersisa dimanfaatkan untuk penyampaian laporan pertanggung jawaban dari Koordinator Asisten periode 2012/2013 yaitu Tan, Arin, dan Nicky. Dilanjutkan dengan pemilihan koordinator Asisten yang baru untuk periode 2013/2014. Terpilihlah empat orang Kordas baru yaitu Jefri sebagai Kordinator Asisten Bidang Manajemen Alat, Rudi untuk Koordinator Asisten Bidang Urusan Rumah Tangga dan Penjadwalan Kerja, Adjie sebagai Koordinator Asisten Bidang Perekrutan dan Kaderisasi, dan Rully sebagai Koordinator Asisten Bidang Pengawasan Kualitas dan Nilai.

Selamat untuk para Koordinator Asisten Laboratorium Fisika Dasar yang Baru.

              Keesokan harinya, hari Senin tanggal 20 Mei, kembali dilakukan kegiatan yang sama seperti hari Sabtu, di lokasi sekolah yang berbeda, tepatnya yaitu di SDN 1 Gedeh.

Sama seperti kegiatan di MI Al Falah, kami juga membagi-bagikan buku dan balpoint berlogo Itenas sebagai reward bagi siswa yang menjawab pertanyaan dan sebelum meninggalkan SD memberikan beberapa bantuan serta kenang-kenangan kepada pihak sekolah berupa alat peraga untuk praktikum untuk sekolah beserta modulnya, serta plakat dan souvenir dari Itenas. Setelah kegiatan selesai barulah kami meninggalkan lokasi menuju Bandung.

              Itulah serangkaian kegiatan yang kami lakukan. Terutama Kegiatan Pengabdian Masyarakat, yang kami lakukan sebagai wujud kepedulian kami kepada masyarakat terutama para siswa dan orang tua siswa SD tersebut, karena banyak siswa menganggap bahwa pelajaran ilmu pengetahuan alam sulit untuk dipahami. Siswa dapat menerima teori, tetapi mereka tidak mengetahui bahwa semua yang mereka pelajari sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Selain itu lokasi SD ini jauh dari kota Cianjur sehingga Fasilitas pendukung untuk pembelajaran sulit didapat, yg dapat menghambat pemahaman siswa untuk mengenal aplikasi ilmu yang diperoleh, dengan adanya alat peraga Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya fisika yang sesuai dengan kurikulum tingkat SD akan sangat membantu peningkatan pemahaman terhadap ilmu tersebut.

              Berdasarkan pemantauan, tingkat dukungan orang tua murid untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMP sangat rendah walaupun kondisi murid sangat potensial. Oleh karena itu dengan adanya pengarahan teknis pentingnya pendidikan dasar dan informasi peluang beasiswa yang ditujukan kepada orang tua murid diharapkan akan sangat membantu terbangunnya kesadaran manfaat pendidikan dasar bagi anak-anak mereka.

              Sebuah pengalaman dan kegiatan yang sangat bermanfaat dengan melaksanakan empat kegiatan dalam satu waktu yaitu Pengabdian Masyarakat baik oleh Dosen Jurusan Teknik Mesin Itenas, maupun para Asisten Laboratorium Fisika Dasar Itenas. Pelatihan Dasar Keasistenan. Laporan pertanggung jawaban Koordinator Asisten serta pemilihan Koordinator Asisten yang baru, juga mempromosikan Itenas kepada Masyarakat Cianjur. Selain itu manfaat lain yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah menjalin kerjasama yang baik antara Dosen Teknik Mesin dengan para Asisten beserta Teknisi Lab Fisika Dasar Itenas. Semoga Bermanfaat. (Novi)