Kompetensi Lulusan IS

Kompetensi utama : 

  • Mampu menganalisa, mendesain, mengimplementasikan dan memelihara sistem informasi dalam skala luas maupun skala terbatas dalam organisasi sehingga mampu  meningkatkan kinerja organisasi tersebut dalam mencapai sasaran dalam lingkungan yang kompetitif.
  • Mampu membuat rencana arsitektur Teknologi Informasi dalam skala menengah dan besar
  • Mampu mengelola semua proses dan permasalahan dalam departemen teknologi informasi
  • Mampu memahami kode etik profesi
  • Mampu merepresentasikan gagasan/konsep/hasil pekerjaan dengan baik.
  • Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik. 

Kompetensi pendukung :

  • Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik.
  • Mampu  berpikir secara analitis dan kritis dan sekaligus kreatif.
  • Mempu bernegosiasi dengan baik.

Bidang ilmu kajian yang menjadi pokok dari program studi sistem informasi ini adalah :


1. Perencanaan arsitektur sistem informasi.
  Yang terdiri dari kemampuan untuk membuat cetak biru  atau master plan Sistem Informasi, perencanaan strategi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 
2. Tata Kelola  Teknologi Informasi yang berisi kemampuan : 
  - Pengelolaan dan pengendalian  semua proses pada Teknologi Informasi
- Manajemen proyek Sistem informasi
- Strategi , pengelolaan dan akuisisi Sistem informasi
- Manajemen informasi dan data 
3. Pemodelan bisnis dan solusi sistem informasi.
  Dengan analisa kebutuhan sistem, perancangan sistem,  dan pemodelan bisnis dengan  berbagai tool dikaitkan dengan  strategi bisnis, dan implementasi sistem informasi.

Profesi maupun bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan :
System Analis dan desain
Pekerjaan sistem analis ini meliputi: pendefinisian kebutuhan sistem (dalam satu aplikasi , beberapa aplikasi), melakukan perancangan sistem (dalam satu aplikasi , maupun beberapa aplikasi).

IT Auditor
Pekerjaan untuk auditor TI meliputi:  melakukan audit untuk teknologi informasi, menentukan tingkat kematangan berdasarkan framework tertentu misalkan COBIT dan sebagainya. Melihat dan mengevaluasi apakah semua prosedur dalam departemen teknologi tersebut sudah sesuai dengan standard atau tidak, menghitung tingkat kematangan proses Teknologi Informasi. 

Konsultan teknologi Informasi
Pekerjaan dari konsultan ini adalah membuat perencanaan master teknologi informasi atau membuat cetak biru dari sistem informasi untuk sebuah organisasi secara menyeluruh dan dengan skala menengah besar. Pekerjaan konsultan ini secara spesifik membutuhkan daya analitis berpikir yang kuat dimana banyak menggunakan prinsip-prinsip desain arsitektur yang terdapat pada banyak rangka kerja dan metodologi pengembangan arsitektur enterprise. 

Manajer Proyek Sistem informasi
Pekerjaan untuk mengelola proyek sistem informasi ini memiliki kebutuhan ketrampilan dan pengetahuan yang cukup kompleks. Untuk menjadi seorang pimpinan proyek yang baik diperlukan pengetahuan yang meliputi Sembilan area, diantaranya project procurement management, project integration management, project financial management, project human resources management dan masih banyak lainnya. Mengingat banyaknya perusahaan , industry dan berbagai bisnis yang banyak mengembangkan sistem informasi sebagai pendukung aktivitas dan pengambilan keputusan ,  maka kebutuhan akan manajer proyek untuk pengembangan sistem informasi akan terus meningkat. 

Manajer departemen teknologi informasi
Seorang manajer departemen teknologi informasi saat ini dituntut untuk mampu mengelola semua proses-proses teknologi informasi yang memiliki sumberdaya informasi, manusia, infrastruktur dan aplikasi, sehingga teknologi informasi mampu memberikan dukungan yang optimal dalam menjalankan aktivitas bisnis perusahaan. Dengan memiliki teknologi informasi yang demikian diharapkan mampu teknologi informasi  tersebut dapat memberikan kontribusi yang positif pada perusahaan , sehingga perusahaan mampu bersaing dalam bisnis dan mencapai keunggulan kompetitif. 

Information System Engineering
Bidang pekerjaan ini adalah menganalisa kebutuhan sistem,  merancang kebutuhan sistem, mendefinisikan solusi sistem informasi yang dibutuhkan dalam yang berbasiskan web, berbasis mobile. Disamping itu seorang Information System Engineering mampu mengevaluasi apakah  sistem informasi yang ada sudah memenuhi kebutuhan atau belum, melakukan strategi akuisisi sistem informasi, melakukan, implementasi dan pengujian sistem informasi. Sistem informasi yang dikembangkan dan didefinisikan dalam berbagai skala, dari skala aplikasi tunggal sampai skala aplikasi yang besar. 

Data dan information Manager
Bidang pekerjaan ini adalah melakukan pengawasan dan mendefinisikan bagaimana mengelola data dan informasi dalam perusahaan.  Aktivitas pengelolaan data dan informasi salah satunya adalah  backup , dan melakukan restore, mengelola transaksi, melakukan tunning, melakukan pengawasan penggunaan data dengan berbagai tool, melakukan trouble shoot untuk setiap permasalahan data yang ada. 

Business Process Analist 
Bidang pekerjaan ini adalah menggambarkan proses bisnis yang sedang berlanjut, mengevaluasi apakah ada proses  yang mampu diperbaiki atau tidak. Kemudian mengusulkan perbaikan proses bisnis, dalam bentuk rencana, dan membuat rencana implementasi perbaikan proses bisnis, untuk meningkatkan performansi organisasi atau perusahaan.

Security Information  Manager
Bidang pekerjaan ini adalah melakukan pengawasan dan mengkoordinir tim di departemen teknologi informasi untuk mendaftarkan semua asset informasi, data , aplikasi, infrastruktur dari perusahaan yang berharga, mengidentifikasi resiko,  rencana mitigasi resiko, memutuskan penggunaan perangkat untuk mendukung keamanan asset-aset tersebut. Disamping itu security information manager dapat membuat semua kebijakan dan prosedur yang berkaitan dengan keamanan informasi.