Donor Darah Himpunan Mahasiswa Sipil ITENAS

Di Tulis Oleh Administrator

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa/i yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama, serta harus disadari betul oleh semua mahasiswa/i agar dapat tercipta mahasiswa yang sadar akan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dasar ini terdiri dari 3 dasar yaitu pembelajaran dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada saat ini mahasiswa/i perlu meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama dan juga mengabdikan diri terhadap masyarakat dikarenakan seiringan dengan perkembangan zaman, mahasiswa/i perlahan melupakan poin tiga pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, Himpunan Mahasiswa Sipil Intstitut Teknologi Nasional dapat mewujudkannya dengan bentuk kegiatan positif salah satunya adalah kegiatan Donor Darah.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama dalam jiwa mahasiswa/i saat ini serta meningkatkan tali silahturahmi antara elemen Himpunan Mahasiswa Sipil Itenas dan Masyarakat Itenas. Kegiatan donor darah ini merupakan hasil kerja sama antara Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Nasional dengan Palang Merah Indonesia Kota Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Juma’t pada tanggal 18 November 2016 yang bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) ITENAS. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai pukul 11.30 WIB.

Pada saat kegiatan ini dimulai pendonor mun mulai berdatang ke lokasi, pertama yang harus dilakukan pendonor, pendonor harus mengisi data peserta untuk pendataan, kemudian pendonor melakukan check up kesehatan oleh dokter terlebih dahulu dan melakukan cek golongan darah. Setelah dilakukan check up kesehatan dan golongan darah, dapat ditetapkan apakah pendonor boleh melakukan donor darah atau tidak. Apabila memenuhi syarat (sehat menurut dokter) barulah petugas transfusi darah (AID/PTID) siap untuk menyadap (mengambil) darahnya. Setelah diambil darahnya, pendonor dipersilahkan ke tempat tidur yang telah disediakan untuk istirahat sambil menikmati hidangan ringan dan vitamin.

Pada saat pelaksanaan, kegiatan donor darah ini berhasil mengumpulkan 43 kantong darah dari 48 pendonor yang terdaftar. Pendonor yang terdaftar pun terdiri dari mahasiswa/i, dosen, serta karyawan Institut Teknologi Nasional.

Dikatakan Avandi Novena selaku Kepala Departemen Sosial dan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Sipil Itenas selain untuk meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama, kegiatan donor darah juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita sendiri seperti sel darah yang beredar di dalam tubuh menjadi lebih muda dan merangsang pembentukan sel darah baru.

Di penghujung acara, para pendonor dan PMI Kota Bandung melakukan sesi foto bersama. Kegiatan donor darah ini pun selesai pukul 11.30 WIB, dan seluruh panitia langsung membersihkan dan membereskan tempat acara.

 


Kalender Even

Mei 2017
SunMonTueWedThuFriSat
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31