Kerja Sama Jurusan Teknik Lingkungan dengan PT Indocarbon Nusantara

Di Tulis Oleh Administrator

 
Salah satu tujuan utama Jurusan Teknik Lingkungan dalam mengelola perkuliahaan di Itenas adalah mencetak lulusan-lulusan yang mudah diserap oleh dunia kerja. Kemudahan keterserapan ini perlu dilihat dari sisi masa tunggu alumni untuk mendapatkan pekerjaan dan keberlangsungan karir dari alumni tersebut. Harapan Jurusan Teknik Lingungan adalah mencetak lulusan-lulusan yang mendapatkan pekejaan dengan cepat, tidak lama setelah kelulusan. Bahkan jika memungkinkan sebelum lulus pun sudah mendapatkan pekerjaan. Selain itu, tentunya Jurusan pun berharap lulusan Teknik Lingkungan memiliki karir yang berkesinambungan. Tentunya kita tidak terlalu mengharapkan lulusan yang cepat diterima, tetapi juga cepat berpindah pekerjaan, entah karena pertimbangan lulusan yang bersangkutan ataupun karena lulusan tersebut tidak diperlukan lagi tenaganya oleh perusahaan.
Untuk mencapai tujuan tesebut, salah satu proses penting yang perlu dilakukan oleh Jurusan adalah menjalin kerja sama antara dengan calon pengguna lulusan teknik lingkungan. Salah satu dari pengguna utama lulusan teknik lingkungan adalah dunia konsultan. Kerberlangsungan suatu konsultan sangatlah ditentukan oleh ketersediaan tenaga ahli, sebagai sumber daya manusia yang utama. Lemahnya manajeman tenaga ahli dalam sebuah konusltan akan menghasilkan konsultan yang tidak bermutu, dan pada akhirnya tidak dapat bersaing dengan konsultan lain yang memiliki manajamen tenaga ahli yang baik. Untuk konsultan yang bergerak di bidang lingkungan dan teknik lingkungan, tentunya lulusan Jurusan Teknik Lingkungan adalah ujung tombak dalam manajemen tenaga ahli di konsultan tersebut.
 
Berangkat dari adanya kebutuhan dunia kerja, khususnya dunia konsultan, akan lulusan teknik lingkungan yang berkualitas, maka Jurusan Teknik Lingkungan Itenas melihat pentingnya kerja sama antara Jurusan Teknik Lingkungan dengan dunia konsultan. Ada beberapa keuntungan mendasar dan penting dari dilakukannya kerja sama ini. Bagi jurusan, dosen dan mahasiswa teknik lingkungan akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan informasi yang sangat penting tentang kebutuhan dunia konsultan tehadap lulusan teknik lingkungan. Hal ini menimbulkan konsekuensi dan tuntutan bahwa perkuliahan yanga dilakukan di Jurusan perlu sedapat mungkin mengakomodir tuntutan kompetensi dari dunia kerja, dalam hal ini kompetenasi lulusan teknik yang diperlukan konsultan lingkungan dan teknik lingkungan. Terpenuhinya kebutuan akan kompetensi lulusan dari dunia kerja, akan menimbulkan konsekuensi langsung tingginya keterserapan lulusan teknik lingkungan di dunia kerja.
 
  
 
Untuk menjembatani kebutuhan dunia konsultan terhadap lulusan teknik lingkungan, dan tuntutan kompetensi lulusan teknik lingkungan yang perlu dipenuhi oleh Jurusan Teknik Lingkungan, maka beberapa waktu lalu Jurusan Teknik Lingkungan melakukan kerja sama dengan salah satu konsultan lingkungan di Indonesia, yakni PT. Indocarbon Nusantara. Sebagai payung dari kerja sama dua instansi ini, dilakukan penanandatanganan MoU pada tanggal 6 Maret 2013 bertempat di Equity Tower, Sudirman Central Business District (SBCD) Jakarta, yang merupakan Kantor Pusat PT. Indocarbon Nusantara. Dalam penangandangan ini, pihak Jurusan Teknik Lingkungan diwakili oleh Iwan Juwana, dan pihak PT. Indocarbon Nusantara diwakili oleh President Director, Westana Wiraatmadja. Selain President DIrctor, Westana Wiraatmadja, hadir pula dalam proses penadatanganan tersebut Chief Financial Officer (CFO) dan Managing Director PT. Indocarbon, Teuku Arlan Perkasa Lukman dan Quiddo Jozal.
Selama proses penandatanganan, juga berlangsung disuksi antara dua pihak yang menekankan pentingnya kerja sama antara dua instansi ini. Penekanan penting dalam kerja sama ini adalah bahwa Jurusan Teknik Lingkungan bersdia untuk menyediakan nara sumber bagi kegiatan-kegiatan PT. Indocarbon, yakni tenaga-tenaga dosen di Jurusan Teknik Lingkungan. Sedangkan pihak PT. Indocarbon bersedia untuk memberikan informasi tentang kebutuhan dunia kerja kepada Jurusan Teknik Lingkungan, selain juga bersedia menjadi narasumber dalam kegiatan- kegiatan Jurusan Teknik Lingkungan dalam acara seminar, kuliah tamu dan kegiatan-kegiatan lain yang dikelola oleh Jurusan Teknik Lingkungan Itenas.( Iwan Juwana-TL)

 


Kalender Even

November 2017
SunMonTueWedThuFriSat
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30