Pawai Ramadhan “Yuk, sambut Ramadhan dengan Al-Qur’an!”

Di Tulis Oleh Administrator

Detik-detik menuju Ramadhan merupakan momen paling tepat untuk kita membersihkan diri dari segala dosa dan khilaf. Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan merupakan suatu keharusan bagi umat Muslim, karena bulan ini merupakan waktu yang tepat untuk kita menambah catatan amal kebaikan yang tentunya bermanfaat di kehidupan selanjutnya. Ya, harum Ramadhan telah tercium begitu semerbak. Tak heran, satu langkah inisiatif kembali tercipta dari Unit Keluarga Muslim Itenas (KMI) untuk mengajak mahasiswa/i serta masyarakat agar dapat bersama-sama menyambut Ramadhan dengan melaksanakan sebuah kegiatan bertajuk “Pawai Ramadhan”. Melihat kondisi tersebut, Departemen Pendidikan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional berinisiatif untuk mengadakan suatu pelatihan EPANET dan AutoCAD khususnya kepada mahasiswa Teknik Lingkungan.
 
Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini memang dicanangkan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Sesuai dengan namanya, rangkaian kegiatan ini lebih mirip seperti “pawai” di mana seluruh anggota Unit KMI dilengkapi dengan segenap adik-adik asuh terjun langsung ke lapangan untuk “menyerukan” bahwa Ramadhan akan segera tiba.
 
Kegiatan menarik ini berlangsung pada hari Kamis, 26 Juni 2014 pukul 16.00 hingga 17.30 WIB. Sebelum dimulai, para peserta melakukan doa bersama yang dipimpin oleh Arief Rachman (T. Sipil 2013) selaku Ketua Pelaksana. Rute yang ditempuh oleh para peserta pawai berkisar di lingkungan sekitar Kampus Institut Teknologi Nasional (ITENAS). Selain menyanyikan yel-yel tentang shaum Ramadhan, peserta pawai juga membawa pengeras suara serta galon yang difungsikan sebagai alat gendang untuk meramaikan suasana. Selama di perjalanan, sebagian peserta membagikan flyer berisi Jadwal Imsakiyah Ramadhan kepada seluruh masyarakat yang ditemui di jalan. Begitu banyak pandangan mata tertuju pada semarak kegiatan pawai ini. Tersungging senyum dari wajah masyarakat yang melihat aksi positif mereka. Ya, almamater ITENAS kembali harum terpandang.
Setelah rute ditempuh, peserta pawai kembali berkumpul di Sekretariat KMI dan bergegas untuk shalat Maghrib berjama’ah. Meski terkesan sederhana, nyatanya kegiatan ini dapat disambut dengan positif oleh masyarakat sekitar. Semoga harapan kecil yang tersirat di balik kegiatan ini dapat terwujud dengan baik. Ingin menanamkan kebaikan, mengapa harus nanti-nanti? (Firda Anisah/T. Industri 2013/Unit KMI)

 


Kalender Even

September 2017
SunMonTueWedThuFriSat
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30