Visi dan Misi PWK

VISI DAN MISI

VISI
Perencanaan ruang dan pengelolaan kota sebagai serangkaian proses teknis dan politis terkait pengambilan keputusan yang berorientasi ke masa depan mengenai ruang hidup manusia yang: (1) memandang kota sebagai solusi bagi permasalahan umat manusia di masa depan; (2) memperhatikan perubahan pola hidup yang sangat cepat sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang juga pesat; (3) memandang keterbatasan aneka sumber daya sebagai tantangan penting yang membutuhkan serangkaian tindakan strategis untuk mengelola berbagai kepentingan yang terlibat; (4) membutuhkan inovasi dan kreativitas sebagai landasan berpikir terpenting dalam mengembangkan pendekatan yang bersifat kontekstual terhadap karakteristik lokal; serta (5) bertumpu kepada pengembangan sumberdaya manusia, baik sebagai aktor maupun sebagai fokus, dalam kegiatan perencanaan dan pengelolaan ruang.

Atas dasar pemikiran mengenai bidang keilmuan perencanaan ruang dan pengelolaan kota tersebut di atas, maka di masa mendatang dibutuhkan perencana ruang dan pengelola kota yang visioner, kreatif, inovatif, memiliki kepekaan dalam mengenali karakteristik ruang dan budaya setempat, mampu memandang konflik secara positif, serta mampu bekerja sebagai bagian dari tim yang bersifat interdisipliner.

Unggul dalam pengelolaan kota berkelanjutan dan berkarakter lokal yang mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif terhadap permasalahan perubahan pola hidup di era globalisasi.  

MISI
Berdasarkan visi keilmuan di atas, maka misi program studi adalah :

Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana dalam bidang perencanaan ruang dan pengelolaan kota yang visioner, kreatif, inovatif, mampu memandang konflik secara positif, serta mampu bekerja di dalam tim dan sebagai tim.

Menyelenggarakan pendidikan yang memberikan pengalaman belajar yang nyata kepada mahasiswa sehingga mahasiswa memiliki kepekaan terhadap karakteristik ruang, manusia dan aktivitas.

Menyelenggarakan penelitian dalam kegiatan perencanaan ruang dan pengelolaan kota dengan mempertimbangkan karakter lokal, perubahan pola hidup, dan keterbatasan sumber daya.

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang perencanaan dan pengelolaan kota yang memberikan solusi kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan ruang, manusia dan aktivitas.

Secara aktif melibatkan diri dalam forum ilmiah di tingkat nasional maupun internasional dalam bidang studi perkotaan, perencanaan ruang, pengelolaan kota, termasuk juga bidang lain yang menjadikan kota sebagai fokus kajiannya.